SOSIALISASI TATA KELOLA ARSIP

Oleh: Sri Fridaryani Radji . 27 Desember 2018 . 11:44:00

Seiring dengan dengan perkembangan sistem informasi pengelolaan kearsipan dan demi meningkatkan pemahaman tentang pentingnya arsip dalam kelangsungan penyelenggaraan organisasi kelembagaan serta mengimplementasikan program UPT Kearsipan Universitas Negeri Gorontalo, maka perlu dilaksanakan “Sosialisasi Tata Kelola Arsip di Lingkungan Universitas Negeri Gorontalo”

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Tata Kelola Arsip ini adalah sebagai berikut:1. Meningkatkan pemahaman tentang pentingnya arsip2. Menjamin keselamatan arsip sebagai pertanggung-jawaban penyelenggaraan organisasi3. Meningkatkan kualitas penataan/pengelolaan arsip secara internal

Adapun yang menjadi manfaat dari Sosialisasi Tata Kelola Arsip ini diantaranya adalah:1. Meningkatnya pemahaman tentang pengelolaan kearsipan berupa catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi yang memiliki nilai guna tinggi.2. Tersedianya arsip dalam penyelenggaraan kegiatan administrasi perkantoran sebagai bukti akuntabilitas pelaksanaan kinerja, secara teratur dan terencana baik itu arsip yang dibuat maupun yang diterima, agar mudah ditemukan kembali jika diperlukan.3. Meningkatnya penataan arsip yang berbasis teknologi sistem informasi di setiap unit kerja di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo.4. Adanya kemudahan dalam menemukan kembali arsip yang diperlukan pengambilan keputusan dan layanan informasi.

Kegiatan Sosialisasi Tata Kelola Arsip Dan Layanan Kearsipan ini dilaksanakan selama 1(satu) hari yakni 4 Oktober 2018 bertempat di Ballroom Training Center Damhil Universitas Negeri Gorontalo.

Kegiatan Sosialisasi ini menghadirkan narasumber langsung dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yaitu, Bapak Dr. Andi Kasman M., SE.,MM selaku Deputi Bidang Pembinaan Arsip Nasional Indonesia dan Ibu  Dra. Sulistiyowati, MM selaku Kepala Sub Direktorat Pusat III Arsip Nasional Indonesia

Kegiatan ini dibuka langsung oleh  Wakil Rektor II Universitas Negeri Gorontalo, Bapak Supardi Nani, SE., M.Si

Adapun yang menjadi pesertanya berasal dari lingkungan Universitas Negeri Gorontalo yang terdiri dari: Pimpinan Universitas, Pimpinan Program PascaSarjana, Pimpinan Fakultas, Pimpinan Lembaga, Biro, Badan dan UPT, Kabag dan Kasubag.

Kegiatan Sosialisasi ini sangat diminati oleh pihak lain yang berasal dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo sehingga dari Dinas Kearsipan Provinsi menghadirkan banyak peserta.

Informasi

Agenda

30 - 31 Desember 2018

Sosialisasi Kode Klasifikasi Arsip di Lingkungan Universitas Negeri Gorontalo

Dengan diterbitkannya Peraturan Rektor Tahun 2018 tentang Kode Klasifikasi Arsip (KKA) di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo, maka untuk 4 (empat) pilar Instrumen Kearsipan sudah 2 (dua) Instrumen yang bisa dijalankan..